Cara Mengetahui Versi Android Smartphone Lu

HP lu apa bro? Android. Yap smartphone dengan os ini banyak yang make. OS yang lagi booming baik gue lagi di tempat kerja atau pun lagi nongkrong sama temen. Smartphone dengan OS ini pun laku keras bak kacang goreng. Kecanggihan dan kemudahan pemakaian smartphone ini pun patut di perhitungkan. Android pun semakin berkembang dari tahun - ketahun dengan perbaikan dari sistemnya dan melahirkan versi android yang lebih canggih dengan penambahan pada fiturnya. Dengan harga yang variatif dari kelas bawah, menengah sampai kelas atas. 

Buat lu yang masih penasaran dengan versi android yang lu punya. Biar kalau ada yang nanya lu bisa jawab. Atau pas beli android jangan sampe ketipu mintanya lolipop di kasihnya kit-kat. Langsung aja buat yang penasaran bisa liat tutorialnya. Sudah di tampilin gambar biar lebih jelas.Jangan lupa untuk pertama-tama nyalain HP nya dulu.

Buka dulu menu buat nampilin seluruh aplikasi. Gambar ikonnya kotak kecil-kecil ada 16 kotak. Letaknya ada di pojok kanan bawah seperti di tunjuk oleh anak panah. Tiap smartphone letaknya beda-beda, kadang ada juga yang letaknya di tengah.


Setelah muncul semua aplikasi yang terinstall dalam smartphone. Lalu cari aplikasi setting. Ikonnya berbentuk roda gigi. Sama juga bentuk iconnya setiap smartphone beda-beda.


Setelah terbuka menu setting, gulir terus kebawah sampai mentok. Soalnya letaknya ada di paling bawah. Dengan tulisan about device seperti yang di tunjukan oleh anak panah.


Setelah di klik about device akan muncul sub menunya. gulir terus kebawah sampai nemuin tulisan android version. Itulah versi android lu. dalam tutorial ini versi androidnya adalah 4.4.2. Android 4.4.2 ini adalah android Kit Kat.


Versi android ini di tulis dalam kode angka, selain itu setiap kode angka di beri nama seperti nama makanan dan berurutan huruf awalnya seperti huruf alfabet. Biar lebih jelasnya gue tulis urutan versinya di bawah.
1. Ga pake nama  (Android versi 1.0-1.1)
2. Cupcake ( Android versi 1.2-1.5 )
3. Donut ( Android versi 1.6 )
4. Eclair ( Android versi 2.0-2.1 )
5. Froyo ( Android versi 2.2-2.2.3 )
6. Gingerbread ( Android versi 2.3-2.4 )
7. Honeycomb ( Android versi 3.0-3.2 )
8. Ice Cream Sandwitch ( Android versi 4.0 )
9. Jelly Bean ( Android versi 4.1-4.3 )
10. KitKat ( Android versi 4.4 )
11. Lollipop ( Android versi 5.0 )
12. Marshmallow ( Android versi 6.0 )

Pertama di ciptain android ga pake nama. Cuma berupa angka saja. Tapi google punya ide untuk memberikan nama ke setiap versi android dengan tujuan agar mudah di ingat. Semakin baru versi android yang lu punya, semakin canggih HP lu.